Kontak Kami

Follow Us

Jadwal Bank Online/ Offline

Senin s/d Jumat : 09:00 PM - 01:30 AM
Minggu : Tidak ada offline

Senin s/d Jumat & Minggu : 11:00 PM - 04:30 AM
Sabtu : 10:00 PM - 06:00 AM
Keterangan:
- Jadwal offline dapat berubah sesuai dengan ketentuan bank yang bersangkutan
- AM : Siang - Malam , PM : Malam - Siang

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit
Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Sabung AyamCara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit. Sebagai penghobi ayam laga, pasti kita berkeinginan agar ayam kesayangan kita kelak dapat tumbuh secara maksimal dan akhirnya menjadi juara. Sebagai sesama penggemar ayam laga juga, saya akan membagikan beberapa tips-tips yang saya tahu agar ayam kita bisa tumbuh dan menjadi ayam seperti yang kita inginkan.

Saya akan memberikan beberapa gambar (gambar dari google) sebagai referensi saja agar lebih mudah untuk dipahami.  Dimulai dari :

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit :

  1. Memisahkan Anak Ayam Yang Baru Menetas

    Sabung Ayam Yang Baru Menetas
    Saat telur-telur yang dierami induk/babon menetas, segera ambil anak ayam lalu pindahkan ke dalam boks seperti pada gambar. Pemisahan anak ayam ini bertujuan agar anak ayam mendapat asupan makanan dan perawatan yang maksimal, agar kelak dapat tumbuh maksimal juga.

    Untuk meningkatkan kekebalan anak ayam kita terhadap penyakit sampai dengan menginjak usia dewasa, dari umur 3(tiga) hari, 3(tiga)minggu, dan 3(tiga)bulan.Sangat perlu bagi kita untuk memberikan vaksinasi bagi ayam, untuk vaksinasi ayam silahkan buka Langkah Vaksinasi Untuk Ayam Laga (Pola 333).

    Jangan lupa berilah lampu agar suhu di dalam boks hangat, jarak lampu kurang lebih sekitar 60cm. Alas kandang menggunakan koran, agar kita tidak repot saat mengganti bila kotoran sudah menumpuk. koran diganti setiap 1(satu) minggu sekali.

    Berikan minuman juga di dalam boks, untuk minuman dicampur dengan vita-chick, pemberian vita-chick bertujuan agar anak ayam kebal terhadap penyakit, seperti pada saat perubahan cuaca anak ayam pasti mudah terserang penyakit. Dosisnya dikira-kira saja, cukup sampai air minum menjadi kuning bening.

    Berilah juga pakan, untuk pakan taruh di wadah yang agak besar, biarkan anak ayam makan sambil mencakar-cakar makanannya, agar sekalian untuk melatih otot kaki anak ayam. Jangan sampai lupa, saat malam boks di kasih tutup, disamping untuk menjaga suhu di dalam boks, berguna juga untuk mencegah nyamuk masuk kedalam boks.

  2. Pemberian tangkringan

    Sabung Ayam Tangkringan

    Setelah anak ayam berumur 1(satu) minggu, pasti anak ayam sudah mulai beraktifitas dan membutuhkan kandang yang lebih besar. Gantilah kandang yang lebih besar dan beri tangkringan, pemberian tangkringan bertujuan melatih otot kaki dan sayap anak ayam.
    Pakan dan minum juga jangan sampai lupa, untuk pemberian pakan saya sarankan BR1
    (bukan maksut promosi), karena menurut saya anak ayam bisa tumbuh lebih cepat saja dan jangan lupa di kasih susu dancow untuk mempercepat pertumbuhan, untuk takarannya “2(dua) genggam BR1 = 1(satu) sendok susu dancow” jadi 1(satu) sachet untuk 3(tiga) kali. Untuk minum masih tetap sama di campur dengan  vita-chick.
  3. Ayam berumur 1(satu) bulan

    Sabung Ayam 1bulan

    Setelah ayam berumur 1(satu) bulan, gantilah kandang yang lebih besar, agar ayam tidak terlalu berhimpit-himpitan dengan saudaranya.  Masih sama kandang dikasih tangkringan, agar ayam terbiasa tidur di atas tangkringan sampai besar.
    Tempat minum juga diganti yang lebih besar, karena ayam yang sudah beranjak lebih besar pasti minumnya juga banyak. Perlu di perhatikan juga, pada saat musim kemarau air minum jangan sampai kehabisan. Jangan lupa masih tetap dikash vita-chick.
    Untuk pakan masih sama dengan dengan BR1 dicampur susu dancow sampai umur 4bulan. Untuk jam pemberian pakan harus konsisten di jam yang sama. Pemberian pakan pagi jam 06:00(WIB) dan sore jam 16:00(WIB). Untuk sore hari pemberian pakan lebih banyak dibandingkan pada saat pemberian pakan pagi hari, disamping mencegah ayam kelaparan di malam hari, karena selama 12(dua belas) waktu ayam tidur, ayam tidak melakukan aktivitas, kecuali kandang di beri penerangan, berlaku di hari-hari seterusnya.
    Saya ingatkan jangan sampai lupa kebersihan kandang harus terjaga, maksimal 1(satu) minggu kotoran ayam harus dibersihkan, agar ayam tetap sehat dan mengurangi dampak ayam terserang penyakit / bakteri yang disebabkan kotoran ayam terlalu banyak menumpuk.
  4. Ayam berumur 4(empat) bulan

    Sabung Ayam 4 Bulan

    Sampai ayam berumur 4(bulan), lebih bagus kalo ayam tidak dikandangkan, cukup diumbar saja agar ayam bergerak bebas.
    Untuk pakan, kita berikan 2(dua) genggam BR1 ditambah susu dancow 1(satu) sendok, jagung giling yang halus satu genggam, nasi hangat 1(satu) enthong, dan 1(satu) lembar daun pepaya di iris tipis memanjang “untuk porsi makan 2 ayam” Untuk daun pepaya, dikasih seminggu 2-3 kali saja, daun pepaya adalah pakan alami yang sangat bagus bagi ayam untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk minum masih sama dengan campuran vita-chick.
    Untuk pemberian pakan waktu tetap sama, kita tetap konsisten pada pagi hari pukul 06:00(WIB) dan sore pada pukul 16:00(WIB), dan untuk porsi makan sore hari juga tetap sama, harus lebih banyak dibandingkan porsi makan pada saat pagi, agar ayam tidak kelaparan di malam hari.
  5. Ayam berumur 6(enam) bulan

    Sabung Ayam dan Kandang 7 bulan

    Setelah ayam berumur 6(enam) bulan, pisahkan ayam dari saudaranya dan pindahkan di kandang sendiri, satu kandang hanya di isi 1(satu) ayam.
    Pemisahan ini bertujuan agar ayam tidak saling bertarung, karena dimasa ini ayam sudah mulai berani bertarung, dimana diantara saudaranya akan pasti ada salah satu ayam akan takut dengan saudaranya yang lebih berani dan mengakibatkan mental ayam jatuh. Untuk porsi makan kita gunakan 2(dua) genggam BR1 ditambah 1(satu) sendok dancow sachet, 1(satu) genggam jagung giling halus, 1(satu) enthong nasi hangat, 1(satu) genggam beras merah, dan 1(satu) lebar daun pepaya(diberikan seminggu 2-3 kali saja) takaran ini untuk porsi makan 2(dua) ayam. Waktu pemberian makan masih sama, pagi jam 06:00(WIB) dan sore hari jam 16:00(WIB). Untuk minum masih sama harus dicampur vita-chick.
  6. Kandang Umbaran

    kandang Sabung Ayam

    Ketika ayam sudah mengnjak usia 6(enam) bulan, ayam sudah bisa dikatakan menginjak usia dewasa, untuk itu bila ayam terlalu lama di kandang kurang bagus juga, maka dari itu, kita harus sesekali mengumbar ayam agar tidak kaku di dalam kandang setiap hari.
    Untuk pembuatan kandang umbaran, diusahakan kandang umbaran menghadap sinar matahari pagi, agar saat kita mengumbar ayam kita, ayam dapat tersinari matahari pagi. Disamping itu matahari pagi mengandung pro vitamin D, sangat baik untuk ayam untuk kesehatan, pertumbuhan tulang dan bulu ayam agar lebIh kuat.
    Sebagai contoh saya kasih gambar kandang umbaran, mengumbar ayam berguna agar otot-otot ayam tidak kaku karena ditempatkan di kandang terus, selain itu berguna agar ayam tetap segar dan mengurangi tingkat stres akibat terlalu lama kita kandangkan. Umbarlah ayam selama 2(dua) jam pada pagi hari pada pukul (07:00-09:00 WIB) dan sore hari pada pukul (14:00-16:00 WIB).

Demikianlah Masukan Dari 388Asia.com mengenai cara Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit. Jikalau ini ayam laga anda menjadi kuat maka ikutilah langkah – langkah di atas. Maka kedepannya anda akan tabjud dengan hasil yang telah kami sampaikan. Sekian informasi yang kami berikan. Semoga dengan membaca Postingan ini Para Pecinta Sabung Ayam dapat memelihara Ayamnya dengan baik. sekian Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit.

 

Agen BOla Terpercaya

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Tags

You may also like...

Sorry - Comments are closed

footer agen bola 388asia